Banner

Rabu, 21 September 2011

MAKANAN APHRODISIAK Antara Mitos, Sensasi Atau Fakta ?

Anda tahu belum tentang makanan yang satu  ini ? makanan aphrodisiak, makanan ini diyakini sebagai pembangkit gairah. Misalnya coklat, kerang-kerangan, daging kambing, gingseng, pisang, seafood dan lainnya. Sejak lama, makanan-makanan tersebut dipercaya dapat membangkitkan gairah seks.

Apa Sebenarnya Aphrodisiak?
Sudah tidak asing lagi ketika mendengar makanan pembangkit gairah atau yang juga dikenal dengan aphrodisiac. Istilah aphrodisiac sendiri berasal dari kata Aphrodite, dalam mitologi Yunani yang berarti dewi cinta, yaitu dewi yang terkenal karena kecantikannya. Konon Aphrodite terlahir dari buih-buih lautan dan muncul kepermukaan laut dari dalam kerang. Oleh sebab itulah makanan laut atau seafood banyak dianggap sebagai makanan aphrodisiak selain tentu saja makanan darat seperti daging kambing, coklat, dan lainya.

Mitos
Menurut kepercayaan yang diyakini beberapa orang, konon suatu makanan dapat meningkatkan gairah seks jika makanan tersebut mempunyai bentuk yang mirip dengan bagian kelamin pria dan wanita. Seperti pisang, kerang, siput, asparagus, gingseng, avocado dan masih banyak lagi. Atau bahan makanan yang mempunyai bentuk seperti sperma misalnya telur, kerang-kerangan dan umbi-umbian.
Kemungkinan yang terjadi pada orang-orang yang mempercayai mitor aphrodisiak ini adalah sensasi. Kemungkinan lain adalah sensasi yang bersifat psikologis yaitu kepercayaan masyarakat setempat yang begitu besar terhadap aphrodisiak.

Fakta
Kekuatan pikiran sangat dahsyat, jika orang yang mengkonsumsi makanan aphrodisiack percaya dapat menaikkan gairah seks maka mungkin saja itu benar terjadi. Sebaliknya yang didapat oleh orang-orang yang mengkonsumsi makanan aprodisiak bukan peningkatan gairah seks akan tetapi lebih pada sensasi.

Sensasi Yang Ditimbulkan
Sensasi yang ditimbulkan dari makanan aphrodisiak adalah sensasi yang ditimbulkan secara fisik dan psikologis. Sensasi makanan aphrodisiak secara fisik dianggap memiliki hubungan langsung dengan kimiawi tubuh. Dari segi fisik, memang terdapat  peningkatan aliran darah ke organ reproduksi, mempercepat laju rangsangan saraf dari dan ke otak.
Sensasi lain yang ditimbulkan adalah sensasi psikologis. Dengan adanya mitos, kultur, dan obsesi yang kuat mengenai makanan aphrodisiac akan menimbulkan suatu kondisi yang disebut expectancy effect pada pemakainya. Artinya, jika orang berpikir bahwa dengan makan makanan aphrodisiac gairah seksnya akan tinggi, maka perasaan itu akan memberinya sensasi yang begitu sehabis mengkonsumsinya. Terciptanya efek sugesti dan hilangnya hambatan sosial dan kejiwaan, seseorang akan membuat lebih percaya diri dan lebih mampu mengekpresikan apa yang mereka rasakan selama melakukan hubungan seksual.
Berikut adalah sedikit contoh makanan yang dianggap bisa meningkatkan gairah seks antara lain :

Daging kambing
Sudah sejak lama daging kambing dikenal sebagai makanan aphrodisiak atau peningkat gairah seksual pada pria. Gairah seksual yang meningkat mungkin disebabkan karena factor sugesti dari mereka yang mengkonsumsinya. Kalau sudah terkena sugesti, akibatnya orang akan merasa kebenaran sugesti tadi. Namun dari segi farmakologis bias jadi daging kambing mengandung senyawa mirip hormone seks pria.


Gingseng
Merupakan salah satu makana aphrodisiac yang paling popular. Gingseng yang jika diperhatikan wujudnya mirip manusia dalam ukuran kecil, sejak ribuan tahun yang lalu telah diburu manusia dan dimanfaatkan sebagai obat. Di dalam gingseng mengandung zat aktif ginsenoside-RB dan ginsenoside-RG1. zat ini diyakini mampu merangsang ereksi, meningkatkan libido seksual dan menghilangkan rasa letih.
Gingseng dipercaya dapat meningkatkan stamina dalam hubungan seks. Gingseng merupakan perangsang ringan untuk meningkatkan fungsi seksual dengan cara meningkatkan hormone testosterone dan dihidrotesteron. Bahkan gingseng dapat meningkatkan produksi dan mortalitas sperma.

Tiram
Di kalangan masyarakat luas, tiram sudah terkenal sebagai makanan yang dapat meningkatkan gairah seks atau peningkat libido pria.
Kandungan zat besi yang tinggi pada tiram diyakini bisa meningkatkan produksi sperma dan hormon testoteron pada tubuh pria. Tak hanya itu saja, tiram juga mengandung dopamine, hormon yang akan mendorong kepuasan seksual.





Alpukat
Alpukat merupakan buah yang mengandung lemak 20-30 kali lebih banyak dari buah lainnya. Kandungan lemak ini dapat memberikan energi yang cukup tinggi ketika dikonsumsi.
Khasiat buah alpukat untuk terapi kecantikan berhubungan erat dengan zat gizi yang dikandungnya. Alpukat mengandung pro vitamin A, vitamin C, vitamin B dan vitamin E. vitamin E dan vitamin C merupakan anti oksidan dan berperan dalam pembentukan kolagen.
Alpukat bukan hanya bagus untuk kesehatan dan kecantikan tubuh saja, tetapi buah yang menyerupai lekuk tubuh wanita ini juga dipercaya memiliki sensasi untuk membantu meningkatkan stamina seks.
Alpukat memiliki kandungan asam folik yang tinggi. Kandungan asam folik tinggi ini dapat membantu metabolisme protein sehingga meningkatkan simpanan energi. Selain asam folik, buah berwarna hijau itu juga menyimpan vitamin B6 (dapat meningkatkan hormone pria) dan potassium (memperlancar kelenjar tiroid wanita). Dua elemen yang disebut tadi ditengarai dapat meningkatkan gairah seksual pada pria dan wanita 



Sumber : Majalah Selera

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Cafe Bisnis Online