Banner

Senin, 08 Agustus 2011

Manfaat Pepaya untuk Kecantikan

Pepaya, buah berwarna jingga ini termasuk buah yang murah harganya. Namun manfaatnya tidak semurah harganya. Mulai dari buah, biji, bunga hingga getahnya sangat bermanfaat untuk menjaga kecantikan. Apa saja manfaatnya ?
Menghitamkan Rambut
Untuk mendapatkan rambut hitam alami bisa menggunakan biji pepaya yang disangrai dan dicampur minyak kelapa. Manfaat biji pepaya ini tidak hanya menghitamkan rambut, namun juga mengatasi uban yang tumbuh sebelum waktunya.
Biji pepaya mengandung glucoside cacirindan karpain yang diketahui dapat menghitamkan rambut. Jika
merawat rambut dengan campuran biji pepaya ini dengan rutin, maka rambut semakin menghitam.

Menghaluskan Kulit Kaki
Bagian telapak kaki seringkali mengeras atau kapalan, dan pecah-pecah karena terlalu sering bergesekan dengan tanah atau lantai. Akibatnya telapak kaki akan mengeras dan pecah-pecah. Keadaan ini tertentu tidak menyenangkan, terutama bagi perempuan yang sering mengenakan sandal atau sepatu bertali.
Untuk mengatasinya bisa menggunakan getah pepaya. Getah pepaya ini dapat diambil dari buah, batang maupun daunnya. Getah ini mengandung  enzim papain atau protease yang dapat melunakkan getah yang berasal dari buah, sebab getah dari buah ini mengandung proteolitik sekitar 400 MCU/gram. Sementaranya bagian lain hanya mengandung separuhnya.

Mengatasi Jerawat
Untuk mengatasi jerawat ini bisa menggunakan daun pepaya yang mengandung enzim papain, alkaloid karpaino, psudokarpaina, glikosid, karposid dan saponin, sakarosa, dekstrosa serta levulosa. Kandungan tersebut bisa mengobati jerawat secara tuntas.

Menghilangkan Noda Pada Kulit
Noda cokelat atau kehitaman pada kulit wajah tentu mengurangi kepercayaan diri. Padahal munculnya noda ini berasal dari berbagai cara, seperti jerawat atau sinar matahari. Untuk menghilangkan noda ini bisa menggunakan enzim papain yang terdapat pada getah yang berasal dari buah, batang dan daun pepaya.

Memutihkan Kulit
Bagi perempuan Indonesia, memiliki kulit putih memang idaman. Karenanya berbagai cara dilakukan untuk memutihkan kulit. Tidak perlu menggunakan krim-krim pemutih yang mengklaim bisa memutihkan kulit hanya dalam empat minggu.
Cukup gunakan buah pepaya masak yang mengandung vitamin A, B kompleks, C dan E. vitamin-vitamin itu selain menutrisi kulit juga bisa mencerahkan. 


Sumber : Majalah Selera

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Cafe Bisnis Online