Banner

Kamis, 04 Agustus 2011

TERONG


Manfaat
Buah terung banyak dimanfaatkan sebagai lalap (sayuran segar) atau disayur. Rasanya enak dan banyak mengandung vitamin. Oleh penganut vegetarian, terung dikenal sebagai pengganti daging. Kandungan kalori terung yang sedikit membuatnya dipakai untuk memelihara kelangsingan tubuh.

Kandungan Nutrisi
Dari berbagai penelitian dan kajian yang ada menunjukkan, dalam buah terung terkandung sumber kalori berupa energy sebanyak 17,4 kal, protein 1,2 gr, lemak 0,2 gr, kolestrol 0 mg, vitamin (A, B1, B2, B6,
dan C) sebanyak 0-2,8 mg, potassium 187 mg, dan air 92,5 gr.

Mitos vs Fakta
Ada beberapa kalangan di masyarakat yang menganggap terung bisa menyebabkan “loyo”. Akibatnya, banyak pria yang berpantang mengonsumsi sayuran ini. Anggapan tersebut sebenarnya salah. Sebab, hingga saat ini belum ada bukti ilmiah yang meyakinkan tentang pengaruh terung terhadap impotensi pria.

Sebaliknya, kandungan nutrisi alami yang dimiliki terung justru membuatnya membuatnya kaya manfaat. Secara tradisional terung merupakan obat sakit wasir, borok pada hidung, retak tulang, pelancar air seni, demam dan raja singa. Beberapa jenis terung mengandung senyawa solanin yang merupakan bahan baku obat steroid untuk pil KB, sehingga acapkali dimanfaatkan untuk bahan KB tradisional.

Selain itu, kandungan senyawa solanin di dalam terung dipercaya bisa mengendalikan stress, sementara kandungan senyawa striknin, skopolamin, skopoletin, dan skoparon di dalam terung ampuh untuk mengatasi sakit pinggang, encok, nyeri, pinggang terasa kaku, campak atau cacar air, ketergantungan pada alkohol, serta mengobati bekas luka bakar. Adapun kandungan nasuin pada kulit terung bekerja sebagai antioksidan yang bisa melindungi tubuh dari kerusakan sel membrane dan menurunkan kadar kolestrol LDL.



Sumber : Majalah Selera

1 komentar:

  1. Play Blackjack | JTG Hub
    Welcome to JTG Hub! It's your 김포 출장샵 ticket to a wide variety 경상북도 출장샵 of 경산 출장마사지 Blackjack games 태백 출장샵 and some new 안동 출장샵 Blackjack tables from our renowned partners! JTG.com.

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Cafe Bisnis Online